......
Angkasa luar / antariksa adalah ruang hampa udara yag letaknya di luar atmosfer bumi. Di angkasa terdapat berbagai benda-benda langit.Bend-benda langit serta peristiwa peristiwa di angkasa telah memikay umat manusia sejak zaman purba.Berbagai pertanyaan sederhana maupun pmasalah-masalah pelik tentang alam semesta telah merasuk akal manusia , khususnya kaum cerdik cendikiawan .Sejaka zaman purba telah muncul berbagai pandahan tentang alam raya yang di kemukakan oleh para ahli pada saat itu , misalnya:


Heraclitus dari Pontus (ABAD 350 SM ) berpendapat bahwa bumi berputar pada sumbunya dan bahwa merkus\rius dan venus mengelilingi matahari sedangkan matahari mengelilingi bumi.



Aristarchus dari samos (Abad 300 SM) berpendapat bahwa jarak atara bumi dan matahari merupakan jarak yang sangat pendek jika dibandingkan dengan jarak antar bintang di alam raya.Ia juga berpendapat bahwa matahari jauh lebih besar daripada bumi , ia mengira matahri , bukan bumi menjadi pusat alam raya..Ia juga membuat pengukuran terhadap benda benda angkasa,contoh: Geometri di gunakan Aristarchus untuk mengukur besarnya bulan dan bumi.

Tokoh tokoh lain pada zaman sebelum masehi telah tercatat sebagai peneliti alam semesta adalah phytagoras dan aristoteles yang pandangan-pandangannya menguasai pendapat umum waku itu .Pada awal masehi tercatat Ptolomeus sebagai tokoh yang pandangannya tentang alam raya sangat menguasai pandanga umum dalam jangka waktu yang amat lama .Ia mengatakan bahwa bumi menjadi pusat alam semesta beredar mengelilingi bumi.

Sistem Ptolomeus , menjelaskan gerak –gerak planet yang bersifat geosentris. Plotomeus berpendapat setiap planet bergerak dalam lingkaran epicycle yang berpusat pada suatu titik di dekat bumi.
Pandagannya tentang konsep alam raya yang geosentris itu bertahan sampai abad pertengahan dan malah lebih jauh lagi.Barulah setelah muncul pandangan Copernicus berangsur-angsur konsep geosentris ditinggalkan.Pandangan heliosentris yang di kemukakan Copernicus itu pun tidak langsung di terima oleh ilmuwan pada waktu itu .Berkat karya-karya Galileo Galilei , Tycho Brache , dan Johann Kepler pandangan heliosentris ya kemudian diterima dan diakui kebenarannya.
Hasil-hasil penelitian Galileo , di samping mendukung kebenaran pandangan heliosentris , juga memberikan berbagai informasi baru agi dunia astronomi saat itu . Ia dengan teropong buatannya sendiri telah melihat bulan dengan gunung-gunungnya , matahari dengan noda-nodanya ,Jupiter dengan bulan-bulannya , dan saturnus dengan cincin yang melingkarinya .Keinginan manusia untuk menyikapi misteri angkasa luar dimulai dengan adanya pengamatn-pengamatan benda angkasa secara tidak langsung dengan menggunakan alat-alat seperti:

  1. Gnomon. Gnomon adalah semacam alat yang digunakan untuk mengukur ketinggian bintang. Di mesir terdapat peninggalan kuno yang dipakai untuk pengamatan benda luar angkasa yang dio sebut obelisk.
  2. Teodolit. Teodolit adalah alat yang dipakai untuk mengukur tinggi dan azimuth bintang .Alat ini terdiri dari sebuah teropong yang mempunya lensa objektif dan lensa okuler yang dapat diputar pada sebuah sumu horizon dan pada sebuah lingkaran vertical.Pada lingkaran teodoloit terdapat angka-angka yang menunjukan derajat tinggi bintang ulai dari 0˚ pada horizon sampai 90˚ pada titik zenith.Dibawah lingkaran vertical terdapat pada lingkaran horizon dengan angka-angka derajat mulai dari 0˚ sampai 360˚ .Angka-angka ini di tunjukkan oleh jarum sebagai penunjuk aimut bintang.
  3. Sekstan/sextan. Sekstan dipergunakan untuk mengukur tinggi kulminasi bintang atau matahari atau matahari.Pesawat sederhanaini dinamakan seksta karena berbentuk 1/6 lingkaran. Pesawat ini sangat penting untuk menentukan posisi lintang tempat kapal / pesawat terbang berada .Karena itu pesawat sederhana ini banyak digunakan oleh pelaut-pelaut da penerbang.
Di Amerika Serikat, seseorang yang berada di atas ketinggian 80 km ditetapkan sebagai astronot. 120 km (75 mil atau 400.000 kaki) menandai batasan di mana efek atmosfer menjadi jelas sewaktu proses memasuki kembali atmosfir (re-entry). (Lihat juga garis Karman).

Astronot yang pernah melakukan perjalanan keluar angkasa :



NEIL ARMSTRONG

VALERY POLYAKOV MIR

SHAPARD ALAN

0 komentar:

Poskan Komentar

SUGENG RAWUH

SELAMAT DATANG DI WEBSITE-NYA KANG YOGA

It's Me

It's Me

Buku Tamu


ShoutMix chat widget

Total Tayangan Laman